Sunday, November 23, 2008

Pengen jadi orang sukses



Beberapa waktu lalu, saya kepikir, wah pengen jadi orang sukses nih, gimana caranya yah. Sukses memang banyak arti yah, gak cuma dalam hal materi aja. Tapi kali ini , saya bicara dalam segi kepemimpinan dan ada hubungannya dengan karir juga yah.
Saya masih staff biasa di kantor saya, tapi rasanya kepengen banget terus naik ke depannya. Makanya saya cari cari tau gimana caranya biar bisa ningkat.
Suatu kali saya sadari, kalu mereka, kaum 1 % itu, yang nguasai 99% ekonomi dunia, mereka punya cara pandang yang beda dari orang orang kebanyakan. Itulah yang bikin mereka masuk golongan 1 % itu. Hebat yah. Ckckck.. kok bisa yah , mereka mikir seperti itu, mikir yang orang lain ga perhatiin , gak liat. Tapi mereka bisa liat kesempatan di situ, di tempat yang orang lain ga liat. Hebat memang.

Kalu kita liat dari kisah orang orang sukses, pasti kita kepengen banget sukses seperti mereka. Langsung deh, angan angan muncul di pikiran. Dan kata kata 'seandainya' akan bertebaran di mana mana. hehehe

Saya pernah baca buku Merry Riana, dan Tung Desem Waringin, mereka itu kumpulan orang orang yang punya cara pikir langka dan hebat pastinya.
Sejauh kita bisa bermimpi, sejauh itu pula , mimpi itu dapat terwujud dalam hidup kita.

Wah kata katanya dalem nih.. Menantang..

Orang orang itu punya kemampuan yang harus kita bangun dari sekarang. Itu loh,...kemampuan berbicara..
Itu menurut saya sih. Karena berbicara itu penting, Merupakan pintu ke dunia luar, dan memberi kesan pertama pada dunia luar. Semuanya , dengan 'berbicara'
Saya baca bukunya Larry King tentang Seni Berbicara. Bagus bukunya. Ada hal hal yang amat baru yang baru saya tau dari buku itu..
Kira kira salah satu halamannya, bilang begini ;

Orang sukses adalah pembicara yang sukses dan sebaliknya.
Orang sukses pasti dapat mengekspresikan diri. Pandai berbicara dalam suasana yang cukup berbeda, untuk meraih sukses dan kebesaran.

Ciri ciri pembicara terbaik :

-Memandang suatu hal dari sudut baru. Memiliki cara pandang berbeda pada subjek umum.
-Mempunyai cakrawala luas. Membicarakan 'isu'2 dan berpengalaman luas.
-Antusias. Memiliki minta besar pada apa yang mereka perbuat.
-Tidak membicarakan diri mereka sendiri
-Sangat ingin tahu
-Memberi ketegasan.
-Berusaha menempatkan diri pada posisi lawan bicara, untuk memahami apa yang lawan bicara katakan
-Memiliki selera humor. Tidak keberatan menceritakan pengalaman lucu nya
-Punya gaya bicara sendiri.

Seperti itu kira kira.
Memang benar yah, untuk menjadi sukses, kita harus pandai menempatkan diri pada orang orang banyak di luar sana. Tetap berpegang pada kejujuran dan kecerdikan juga. Tapi bukan kelicikan loh.

Jadi , akhirnya, saya harus belajar dari sekarang , supaya bisa memiliki kemampuan berbicara di depan orang.

4 comments:

Nanang said...

Pertamax :) Salam kenal...

Free Wallpaper said...

Nice blog....

Song Lyrics said...

Hello friends :)

Sulae said...

Hehehehe bener tuh kalo pengen sukses kemampuan berbicara atau tepatnya (menurut saya) kemampuan mengendalikan emosi sangat penting...